Tribratanewssoppeng.com – Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Dr. Anton Charliyan gelar tatap muka bersama personil TNI di aula Markas Komando Kodim 1423 kabupaten Soppeng, Rabu (26-10-2016).

Hal tersebut kata Anton Charliyan adalah merupakan salah satu agenda kerjanya saat mengunjungi kabupaten Soppeng dalam rangka kunjungan kerja Kapolda Sulsel.

Menurutnya selain bersilaturahmi, kunjungan ke mako Kodim merupakan suatu hal yang sangat penting di lakukan oleh setiap pimpinan mengingat beberapa pihak yang ingin menguasai negara Indonesia selalu mengadu adukan kedua institusi tersebut.

Olehnya itu kata Jendral bintang dua tersebut, Silaturahmi, saling mengunjungi merupakan hal yang harus di lakukan, apalagi dalam rangka kunjungan kerja, silaturahmi TNI – Polri adalah hal yang di utamakan, karena berkunjung ke Mako Kodim, adalah ibarat berkunjung ke rumah saudara.

“TNI – Polri itu adalah saudara lahir dari satu jiwa, meski dua badan namun tetap satu jiwa, kekuatan TNI – Polri tidak ada tandingannya bila keduanya bersatu, tidak ada satu pun negara yang memprediksi Indonesia akan menang melawan pemenang perang dunia ke II namun karena persatuan kita orang Indonesia maka hanya bersenjatakan bambu runcing Indonesia bisa merdeka” jelas Irjen Pol Anton Charliyan.

“Kemerdekaan Indonesia diraih dengan perjuangan, pengorbanan, cucuran darah dan keringat, ribuan nyawa yang melayang sampai akhirnya kita bisa merdeka, beda dengan kemerdekaan bangsa lain yang kemerdekaan tidak melalui perjuagan, mereka merdeka karena di beri, kita memang di perjuangkan satu satunya modal kita dalam memperjuangkan Indonesia kala itu, adalah persatuan” tambahnya.

“Oleh karena itu, TNI – Polri selalu di adu adukan oleh bangsa yang ingin memecah belah bangsa kita, karena mereka tau bahwa kekuatan bangsa Indonesia saat ini adalah persatuan TNI – Polri, oleh sebab itulah silaturahmi TNI – Polri harus senantiasa terjalin, harus senantiasa di lakukan, karena apabila TNI – Polri pecah, mungkin kedepan Indonesia hanya akan tinggal nama saja, anak anak kita mungkin akan mengenang bahwa dulu ada suatu negara yang bernama Indonesia” Sebut mantan kadiv Humas Polri tersebut.

Sementara itu, komandan distrik militer 1423 Soppeng, Letnan Kolonel Infateri Jeffry Antonius Bojoh S.ip, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan sangat terharu dengan paparan yang di sampaikan Kapolda Sulsel Irjen Pol Anton Charliyan, menurut Letkol Inf Jeffry Antonius sejak berdirinya Mako Kodim 1423 Soppeng sejak 1950 silam, baru kali ini ada seorang Kapolda yang bertandan ke Mako Kodim dan melaksanakan tatap muka bersama personil TNI.

“Saya sangat salut sama beliau bapak kapolda (Irjen Anton Charliyan) terima kasih saya ucapkan atas kunjungan ini, saya sangat merasa bangga bisa di kunjungi oleh bapak kapolda dan langsung menggelar tatap muka bersama personil kami, ini merupakan sejarah Mako Kodim 1423 Soppeng karena sejak berdirinya pada tahun 1950 silam baru kali ini ada seorang kapolda yang berkunjung, selamat datang saya ucapkan kepada bapak dan juga rombongan” kata Jeffry Antonius di hadapan Kapolda beserta seluruh rombongan dan tamu undangan yang hadir.(HS)