Tribratanewspolressoppeng.id – Gedung pertemuan masyarakat Kab. Soppeng Jl. Ksatria Kel. Lemba Kec. Lalabata Kab. Soppeng menjadi lokasi berlangsungnya kegiatan Talk Show Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang mengambil tema “Pemuda Tangguh Tanpa Narkoba” menuju Soppeng Bebas Narkoba. Kamis 2/11/17.

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerja sama BNN Prov. Sulsel dan BNK Kab. Soppeng, dengan menghadirkan Kepala BNN Prov. Sulsel Brigjen Pol Mardi Rukmianto S.H, Wakil Bupati Soppeng Supriansah S.H M.H, Kapolres Soppeng Akbp Indra Lutiranto Asmtono SH M.Si, Ketua PN Soppeng Irianto Prijatna SH M..Hum, dan Jaksa fungsional Kajari Soppeng Yeni Caho SH, selaku narasumber Talk Show

Dalam kegiatan hadir para unsur DPRD, anggota Forkopimda Kab. Soppeng, para pimpinan SKPD Kab. Soppeng, para Perwira dan Kapolsek jajaran Polres Soppeng, para Camat, Lurah/Kades se Kab. Soppeng, para guru dan siswa SD, SMP dan SMA se Kab. Soppeng.

Wakil Bupti Soppeng, dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan ini adalah sebuah harapan untuk menolong jiwa para generasi kita khususnya di Kabupaten Soppeng agar tidak terjangkit narkoba, ini bukan serta merta tugas dari unsur kepolisian saja dan Pemkab, melainkan ini juga tugas masyarakat untuk bersama memberikan informasi kepada pihak Kepolisian.

Komitmen Polres Soppeng dalam pemberantasan narkoba terbukti dengan tindakan tegas Kapolres Soppeng Akbp Indra Lutrianto Amstono S.H M.Si, “saya salut kepada bang Indra, Kapolres Soppeng”, yang telah meringkus anggotanya yang terlibat narkoba, ungkap Wakil Bupati Soppeng.

Sementara Kepala BNN Prov Sulsel Brigjen Pol Drs. Drs. Mardi Rukmianto S.H, menyampaikan beberapa informasi kedaruratan Narkoba di Sulsel, data prevalensi penyalahgunaan Narkoba di Sulawesi selatan dengan populasi penduduk usia 10-50 tahun dengan jumlah 138.000 jiwa mnduduki posisi ke 9 dari seluruh provinsi se Indonesia.

Kapolres Soppeng dalam sambutan menegaskan bahwa Polres Soppeng telah melakukan pemberantasan Narkoba dari internal, Polres Soppeng menjadi zona bebas Narkoba, dan dalam waktu dekat kita akan proses oknum tersebut, pemecatan tentu melalui proses Kode etik dan masyarakat dapat memantau prosesnya, Polres Soppeng juga telah melaksanakan sosialisasi di 70 desa se Kab. Soppeng bekerja sama dengan Kabag Kesra sebagai upaya pencegahan, agar para pelaku bisa melihat bahwa tindakan tegas Polres Soppeng untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan Narkoba tidak main main.

Dikegiatan Talk Show ini, dilaksanakan pengukuhan Pengurus BNN Kab. Soppeng sebagai Ketua BNN Kab. Soppeng yaitu Wakil Bupati Soppeng, Waka Polres Soppeng Kompol Catur BS, SH Sebagai Ketua pelaksana harian dan Kabag Kesra A. Riga sarwati, S. STP., M. Si sebagai Sekretaris yang dilanjutkan dengan Pelantikan anggota Pemuda Penggiat Anti Narkoba dan beberapa puskesmas se-Kab. Soppeng oleh Kepala BNN Sulsel. (*)